Minggu, 12 Desember 2010

Kompetensi Profesional Guru

ABSTRAK

Pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu unsur pokok dalam proses penjaminan mutu pendidikan. Untuk menjadikan lembaga pendidikan sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap dan nilai berdasarkan standar nasional dan global diperlukan pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Sehubungan dengan tuntutan profesionalitas tersebut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) menggariskan beberapa hal. Pertama, guna memberikan penjaminan mutu pendidikan ditetapkan standar nasional pendidikan yang didalamnya mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan yang harus ditingkatkan secara berkala (Ps. 35 ayat 1).
Kedua, pendidik harus memiliki kualifikasi minimum dan sertifikasi sesuai dengan jenjang kewenangan tugas pokoknya, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional (Ps. 42 ayat 1). Ketiga, tenaga pendidik untuk pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi dihasilkan oleh perguruan tinggi yang terakreditasi. Keempat, pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, konseling dan layanan serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi (Ps. 39 ayat 2).

DAFTAR ISI

ABSTRAK ........................................................ i
DAFTAR ISI ........................................................ ii
BAB 1 PENDAHULUAN
1. Latar Belakang ....................................................... 1
2. Rumusan Masalah ....................................................... 2
3. Maksud dan Tujuan ....................................................... 3

BAB II PEMBAHASAN
1. Kompetensi profesionalisme Guru
a. Pengertian ................................................... 4
b. Persyaratan Profesi ................................................... 6
c. Jenis- jenis Kompetensi ....................................... 7
d. Ciri- ciri Guru Berkompetensi ...................................... 9
2. Tugas Guru ................................................... 11
3. Peran Guru ................................................... 13
4. Fungsi Guru ................................................... 22
5. Tenaga Kependidikan ................................................... 27

BAB III KESIMPULAN
1. Kesimpulan ...................................................... 33

DAPTAR PUSTAKA ...................................................... 35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar