RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN Pancasila
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 5 / 2
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan
Standar Kompetensi :
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar :
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
Indikator :
o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa Dapat :
Ø Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.
Langkah-langkah Pembelajaran :
Ø Kegiatan awal
Apersepsi : tanya jawab mengenai peristiwa alam
Ø Kegiatan Inti
- Memahami cara menggunakan sumber daya alam
® Tumbuhan dan hewan dipelihara dan dikembangbiakan
® Waduk untuk pengairan dan tambak untuk perikanan
® Bahan tambang dibuat tempat penambangan
- Memahami apa yang harus dilakukan manusia untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.
® Menghemat penggunaan air dan listrik
® Membuang sampah pada tempat sampah
® Menanami lingkungan dengan tumbuhan
Ø Kegiatan Akhir
a. Tanya jawab dan pemberian tugas
b. Evaluasi dan tidak lanjut
Materi Pokok : Cara menggunakan sumber daya alam.
Sumber/ Bahan : Buku SAINS SD Haryanto Erlangga kelas V
Metode : Ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas
Penilaian
Ø Teknik : Lisan / tulisan , performan test,
Ø Bentuk : Essay
Ø Alat test : soal- soal
1. Pemupukan merupakan usaha untuk meningkatkan kesuburan ….
2. Bulu domba dapat dimanfaatkan untuk membuat ….
3. Kain yang biasa kita pakai terbuat dari ….
4. Untuk mencegah pemanasan global kita harus melestarikan ….
5. Mineral diambil dari bumi dengan cara ….
Kunci jawaban :
1. Tanah; 2. Kain; 3. kapas; 4. hutan; 5. ditambang
Mengetahui, Lembang,.....................
Kepala Sekolah Guru Kelas
Akhmad Sopandi,S.Pd Siti Mulyani, S,Pd
Nip. 130564151 Nip. 196309141982042001
LKS 1
Tujuan : Memahami cara menjaga kelestarian sumber daya alam
Alat/Bahan : Buku IPA kls V
Tugas :
1. Tuliskan Kegiatan manusia yang dapat mengganggu dan merusak lingkungan!
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
2. Tuliskan bagaimana cara kita sebagai manusia untuk melestarikan sumber daya alam!
_______________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________
_______________________________________________________________________________
3. Tuliskan bagaimana penggunaan sumber daya alam yang benar!
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
______________________________________________________________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar