Kamis, 28 April 2011

Tema. Diri sendiri

tutwuri2


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

KELAS I

SEMESTER 1

Tema : Diri Sendiri


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Nama Sekolah : SDN I Cibodas

Tema : Diri Sendiri

Kelas /Semester : 1/ Ganjil

Alokasi waktu : 4 x Pertemuan

Standar Kompetensi :

IPS :

Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.

IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

Bahasa Indonesia :

· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.

· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.

· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.

· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Kompetensi Dasar :

IPS : Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

IPA : Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

PKn : Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

Matematika :

· Membilang banyak benda .

· Mengurutkan banyak benda.

Bahasa Indonesia :

· Membedakan bunyi bahasa.

· Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.

· Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.

· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.

· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

Indikator :

IPS :

· Menyebutkan nama lengkap dan panggilan beserta usia.

· Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .

· Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

IPA :

· Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)

· Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.

· Menunjukkan cara merawat tubuh.

· Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

PKn :

· Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.

· Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

· Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.

Matematika :

· Menyebutkan banyak benda.

· Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.

· Membaca dan menulis lambang bilangan.

· Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.

· Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.

· Membilang loncat 2, 3, dan 4.

Bahasa Indonesia :

· Mencocokkan gambar dengan informasi.

· Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.

· Mendengarkan dan menyanyikan lagu.

· Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.

· Menyebutkan warna, bentuk dan permukaan benda.

Tujuan Pembelajaran :

· Peserta didik dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.

· Peserta didik dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya.

· Peserta didik dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.

· Peserta didik dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.

· Peserta didik dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

· Peserta didik dapat menyebutkan banyak benda.

· Peserta didik dapat membandingkan dua kumpulan benda.

· Peserta didik dapat membaca dan menuliskan lambang bilangan.

· Peserta didik dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.

· Peserta didik dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.

· Peserta didik dapat mencocokan informasi dengan gambar.

· Peserta didik dapat menyimak cerita dari gambar seri.

· Peserta didik dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.

· Peserta didik dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.

· Peserta didik dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.

· Peserta didik dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.

· Peserta didik dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.

Materi Ajar ( Materi Pokok ) :

· Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.

· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.

· Hidup rukun dalam perbedaan

· Oprasi hitung.

· Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.

· Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

· Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.

Metoda Pembelajaran :

· Ceramah

· Diskusi.

· Tanya jawab.

· Demontrasi.

· Pemberian tugas.

Langkah-langkah pembelajaran :

A. Pendahuluan :

· Mengisi daftar kelas, berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.

· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.

· Menanyakan kepada peserta didik tentang kegiatannya selama liburan sekolah.

B. Kegiatan inti :

Pertemuan pertama 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )

· Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.

· Menyanyikan lagu “pergi sekolah “

· Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.

· Melakukan tanya jawab tentang persiapan peserta didik bila pergi ke sekolah.

· Membilang benda yang diamati . secara individual dan klasikal.

· Melakukan penghitungan benda di depan kelas dengan jumlah 1 – 5

· Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda

· Mengisi soal yang berkaitan dengan banyak benda.

Pertemuan Ke dua : 3 x 35 menit (PKN, IPS)

· Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.

· Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

· Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.

· Menjelaskan kembali pentingnya identitas diri.

· Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.

Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (IPA, Bahasa Indonesia, Matematika )

· Mengamati model/ gambar anggota tubuh.

· Menyanyikan lagu “ dua mata saya “

· Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh

· Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.

· Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.

· Secara bergiliran memperkenalkan diri.

· Menghitung beda pada gambar/ model dengan jumlah benda 1 – 10.

· Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.

· Meletakkan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.

· Seorang peserta didik meletakkan benda dan peserta didik lain menyimpan kartu bilangan yang tepat

Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )

· Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya

· Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaan. Contoh : Bentuknya panjang, digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan polos. Semua murid memerlukannya. ( deskripsi dari pensil ).

· Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.

· Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru yang berjumlah 1 – 15.

· Menghitung banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.

· Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.

· Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.

· Menuliskan lambang bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.

· Menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh

· Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.

C. Kegiatan akhir

· Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.

· Mengerjakan post tes

· Pemberian PR / tugas

Alat dan Sumber Belajar

  • Buku Sumber :

1. Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga

2. Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

3. Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama

4. Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.

5. Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga

  • Alat Peraga :

1. Gambar anggota tubuh.

2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.

3. Kartu huruf

4. Kartu bilangan.

5. Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.

Penilaian

Teknik Tes :

· Tes lisan.

1. Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..

2. Ketepatan jawaban.

3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.

· Tes tertulis

1. pilihan ganda

2. isian.

· Tes perbuatan.

Bentuk Tes :

1. Objektif tes

2. Non Objektif tes

Instrument Tes :

· LKS

· Lmbar observasi.

Butir Soal :

ayo kerjakan di buku latihanmu

a. ayo pilihlah jawaban yang paling benar

1. suaranya burung .....

a. mmoo b. cicit cuit c. meong meong

2. tepuk tangan bunyinya .....

a. krik krik b. prok prok c. prak prak

3. meong meong adalah suara .....

a kodok b sapi c kucing

4. suaranya kambing .....

a mmoo b embee c wek wek wek

5. agar banyak teman kamu harus .....

a berkenalan b menyendiri c mengejek teman

Mengetahui

Kepala SDN I Cibodas


Lembang, ……………….2010

Guru Kelas

Siti Mulyani.M.M.Pd

Nip. 196309141982042001


Lina Prihatini,Ama.Pd

Nip. 196002121981092003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar