RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SDN 1 Cibodas
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VI/ Gasal
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
Indikator :
Ø Menyebutkan ciri khusus tumbuhan tertentu (kaktus, tumbuhan pemakan serangga)
Ø Menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut
Ø Menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus antara kaktus, tumbuhan pemakan serangga, dengan tempat hidupnya
1. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
a. Menjelaskan ciri-ciri khusus tumbuhan tertentu (kaktus, tumbuhan pemakan serangga)
b. Menjelaskan tempat hidup tumbuhan, misalnya kaktus dan tumbuhan pemakan serangga
c. Menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus antara kaktus, tumbuhan pemakan serangga dengan tempat hidupnya.
2. Metode Pembelajaran
Diskusi, ceramah, penugasan, pengamatan, unjuk kerja/penampilan dan inquiru (penemuan)
3. Materi Pembelajaran
Hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungan hidupnya
4. Langkah-langkah Pembelajaran
v Kegiatan Awal
a. Pengkondisian siswa
b. Guru mengingatkan kembali tentang materi mengenai tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus yang pernah dipelajari di kelas sebelumnya.
c. Guru meminta siswa menyebutkan nama tumbuhan-tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri khusus
v Kegiatan inti
a. Mengamati gambar atau tumbuhan yang ditunjukkan guru
b. Mengidentifikasi ciri-ciri khusus dari tumbuhan atau gambar yang dilihat
c. Berdiskusi mengenai tumbuhan yang memiliki ciri tertentu
d. Melaporkan hasil pengamatan dan membuat kesimpulan dengan bantuan dari guru
v Kegiatan Akhir
a. Guru membantu siswa membuat rangkuman
b. Guru dan siswa melakukan refleksi
c. Pemberian tugas (PR)
5. Alat/Bahan/Sumber
Ø Buku teks IPA kelas VI
Ø Gambar tumbuhan dengan ciri tertentu
Ø Buku lain yang relevan
Ø Lembar kerja
6. Penilaian
Jenis tes : tes tulis
Bentuk instrumen : isian, uraian
Contoh instrumen :
- Sebutkan ciri khusus yang dimiliki kaktus?
- Kaktus biasanya hidup di ….
- Mengapa kaktus memiliki batang yang tebal?
- Apa fungsi duri pada batang jeruk?
- Dengan cara apakah kantung semar memenuhi kebutuhan akan nitrogen?
Jawaban :
1. daun yang sangat kecil atau bahkan tidak mempunyai daun, batang kaktus mampu menyimpan cadangan air dan akarnya mempunyai jangkauan yang sangat luas;
2. lingkungan yang sangat kering;
3. untuk menyimpan cadangan air;
4. melindung batang dari hewan-hewan pemangsa;
5. menangkap serangga.
Mengetahui Lembang, .....................
Kepala Sekolah Guru Kelas
Siti Mulyani,S.Pd. MM Siti Mulyani,S.Pd.MM
Nip. 19630914198204 1002 Nip. 19630914 198204 1002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar