Rabu, 14 Maret 2012

RPP IPA Kls 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SDN 1 Cibodas

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester : VI/ Gasal

Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)

Standar Kompetensi :

1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dan lingkungan hidupnya (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

Indikator :

Ø Menyebutkan ciri khusus tumbuhan tertentu (kaktus, tumbuhan pemakan serangga)

Ø Menyebutkan tempat hidup dari tumbuhan tersebut

Ø Menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus antara kaktus, tumbuhan pemakan serangga, dengan tempat hidupnya

1. Tujuan Pembelajaran

Siswa dapat :

a. Menjelaskan ciri-ciri khusus tumbuhan tertentu (kaktus, tumbuhan pemakan serangga)

b. Menjelaskan tempat hidup tumbuhan, misalnya kaktus dan tumbuhan pemakan serangga

c. Menjelaskan hubungan ciri-ciri khusus antara kaktus, tumbuhan pemakan serangga dengan tempat hidupnya.

2. Metode Pembelajaran

Diskusi, ceramah, penugasan, pengamatan, unjuk kerja/penampilan dan inquiru (penemuan)

3. Materi Pembelajaran

Hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan dengan lingkungan hidupnya

4. Langkah-langkah Pembelajaran

v Kegiatan Awal

a. Pengkondisian siswa

b. Guru mengingatkan kembali tentang materi mengenai tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus yang pernah dipelajari di kelas sebelumnya.

c. Guru meminta siswa menyebutkan nama tumbuhan-tumbuhan yang mempunyai ciri-ciri khusus

v Kegiatan inti

a. Mengamati gambar atau tumbuhan yang ditunjukkan guru

b. Mengidentifikasi ciri-ciri khusus dari tumbuhan atau gambar yang dilihat

c. Berdiskusi mengenai tumbuhan yang memiliki ciri tertentu

d. Melaporkan hasil pengamatan dan membuat kesimpulan dengan bantuan dari guru

v Kegiatan Akhir

a. Guru membantu siswa membuat rangkuman

b. Guru dan siswa melakukan refleksi

c. Pemberian tugas (PR)

5. Alat/Bahan/Sumber

Ø Buku teks IPA kelas VI

Ø Gambar tumbuhan dengan ciri tertentu

Ø Buku lain yang relevan

Ø Lembar kerja

6. Penilaian

Jenis tes : tes tulis

Bentuk instrumen : isian, uraian

Contoh instrumen :

  1. Sebutkan ciri khusus yang dimiliki kaktus?
  2. Kaktus biasanya hidup di ….
  3. Mengapa kaktus memiliki batang yang tebal?
  4. Apa fungsi duri pada batang jeruk?
  5. Dengan cara apakah kantung semar memenuhi kebutuhan akan nitrogen?

Jawaban :

1. daun yang sangat kecil atau bahkan tidak mempunyai daun, batang kaktus mampu menyimpan cadangan air dan akarnya mempunyai jangkauan yang sangat luas;

2. lingkungan yang sangat kering;

3. untuk menyimpan cadangan air;

4. melindung batang dari hewan-hewan pemangsa;

5. menangkap serangga.

Mengetahui Lembang, .....................

Kepala Sekolah Guru Kelas

Siti Mulyani,S.Pd. MM Siti Mulyani,S.Pd.MM

Nip. 19630914198204 1002 Nip. 19630914 198204 1002

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar