Selasa, 04 Januari 2011

rpp kls 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SDN Pancasila
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (2 pertemuan).

Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Dasar
1.1. Medeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indikator
1. Menunjukkan sisi utara, selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
2. Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
3. Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4. Menjelaskan fungsi wilayah darat NKRI.
5. Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
6. Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.

Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI.
2. Siswa dapat mengetahui luas wilayah NKRI dengan menyebutkan posisi lintang dan bujurnya.
3. Siswa dapat memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
4. Siswa memahami fungsi wilayah darat NKRI.
5. Siswa memahami fungsi wilayah laut NKRI.
6. Siswa memahami fungsi wilayah udara NKRI.

Materi Ajar
1. Bagaimana perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia?
Dalam mencapai kemerdekaan, bangsa Indonesia berjuang mengorbankan harta, jiwa, dan raga demi terbebas dari penjajahan yang ingin menguasai Indonesia.
Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ditandai dengan Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945. Sejak saat itu bangsa Indonesia mulai berbenah menyusun pemerintahan yang sah.
2. Batas wilayah NKRI, luas wilayah NKRI, posisi lintang dan bujurnya, serta tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
3. Fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.

Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru dan siswa bertanya jawab tentang fungsi peta dunia.
c) Siswa menyanyikan lagu “Indonesia Raya” bersama-sama.


2. Kegiatan Inti
a) Guru menyiapkan sebuah peta dunia yang besar dan dapat dilihat oleh semua siswa.
b) Guru menjelaskan batas-batas utara, selatan, timur, dan barat NKRI, sementara itu siswa menyimaknya.
c) Guru menunjuk batas-batas tersebut pada peta secara acak dan berulang-ulang, dan siswa menebaknya dengan cepat.
d) Guru menyiapkan kelas diskusi.
e) Siswa berdiskusi tentang tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI dengan panduan guru.
f) Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Awal
a) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b) Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bepergian ke pegunungan, laut, dan pengalaman naik pesawat terbang.

2. Kegiatan Inti
a) Guru dan siswa bertanya jawab secara general tentang fungsi wilayah darat, laut, dan udara NKRI.
b) Guru membagi jumlah siswa di kelas dalam 3 kelompok atau kelipatannya.
c) Guru mengundi topik darat, laut, atau udara untuk semua kelompok.
d) Siswa berdiskusi tentang topik yang mereka dapatkan.
c) Siswa melaporkan hasil dikusi secara lisan di depan teman-teman.
d) Teman-teman dari kelompok lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.

3. Kegiatan Penutup
a) Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam pertemuan itu, untuk mengetahui pencapaian indikator dan kompetensi dasar.
b) Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
c) Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing untuk menutup pertemuan.

Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1 Pendekatan Kontekstual.
2 Pendekatan Cooperative Learning.
3 Diskusi dengan teman sebangku.
4 Tanya jawab.
5 Ceramah.
6 Penugasan.

Sumber/Bahan Belajar
1 Peta dunia.
2 Gambar/foto tempat-tempat indah di Indonesia yang menunjukkan pemandangan darat, laut, dan udara.
3 Buku paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, terbitan ESIS, karangan Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd.) hlm. 1—3.

Penilaian
Teknik : tugas kelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan, penilaian sikap (pengamatan perilaku), penilaian unjuk kerja (keaktifan anak berdiskusi).

Contoh Instrumen :
1 NKRI adalah ....
2 Indonesia merupakan negara berbentuk ....
3 Satuan daerah otonom dalam NKRI misalnya ....
4 Indonesia memiliki bentuk negara kesatuan karena ....
5 NKRI perlu mengadakan Pemilihan Umum untuk ....


Mengetahui
Kepala Sekolah Lembang, Juli 2010
Guru kelas


Akhmad Sopandi, S.Pd Siti Mulyani, S.Pd
Nip. 130 564 151 Nip. 19630914 198204 2001



.




LKS 1

Amatilah kotak-kotak yang berisi huruf di bawah ini! Kemudian cari dan lingkarilah
susunan huruf yang membentuk nama atau ibu kota provinsi yang termasuk Negara
Kesatuan Republik Indonesia!

1 komentar: